in ,

Lengkap! Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 23 24 25 26 27 29 31 32 33 Buku Tematik Makanan Sehat

Di Artikel ini terdapat kunci jawaban lengkap tema 3 kelas 5 SD halaman 23, 24, 25, 26 tentang Makanan sehat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Kunci jawaban ini pada tema 3 ini untuk sub tema 1: Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?, di pembelajaran 3. Selanjutnya siswa akan diberi soal yang terdapat di halaman 23, 24, 25, 26  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 dari halaman 23 sampai 26 di bawah ini, dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 23, 24, 25, 26, 27, 29, 31, 32, 33 :

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 23

1. Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi?

Jawaban: Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).

2. Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?

Jawaban: Salah satu kegiatan interaksi manusia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi manusia.

Ayo Berdiskusi!

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah.

Isilah tabel berikut ini.Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya. Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini.

Jawaban:

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 23

Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
  2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
  3. Apakah jenis kelamin mereka?
  4. Apakah pekerjaan mereka?
  5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
  6. Apakah agama yang mereka anut?

Jawaban: Contoh analisis yang terjadi di lingkungan saya, tepatnya di pasar, adalah sebagai berikut.

1. Pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan baik dari segi latar belakang jenis kelamin, perbedaan usia, pendidikan, penghasilan, suku, dan lain sebagainya.

2. Usia manusia yang berinteraksi beragam mulai dari 10 – 70an tahun.

3. Jenis kelamin mereka adalah wanita dan laki-laki.

4. Pekerjaan mereka adalah pedagang, ibu rumah tangga, guru pengayuh becak, petugas kebersihan, dan lain sebagainya.

5. Mereka berasal dari latar belakang budaya suku Jawa, Batak, Sunda, Flores, Betawi, Melayu, dan lain sebagainya.

6. Agama yang mereka anut adalah Katolik, Kristen, Islam, Protestan, Buddha, dan Konghucu.

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 26

Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan? Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Jawaban: Kalimat iklan:

Makanlah Singkong sebagai Pengganti Nasi!

Solusi Makanan Sehat, Harga Rakyat, Rasa Pejabat!!

Kata kunci: singkong, kandungan singkong, pengganti nasi, makanan sehat, harga rakyat, rasa pejabat, air, besi, kalsium, fosfor, kalori, karbohidrat, lemak, protein, gram, miligram

Observasi gambar: Gambar singkong dengan keterangan kandungannya sangat jelas dan kalimat iklannya pun sangat menarik.

Penjelasan: Soal di atas mengenai iklan kandungan singkong per 100 gram.-

Lakukanlah diskusi dengan beberapa orang temanmu yang lain. Bandingkan hasil yang sudah kamu peroleh satu sama lain berkaitan dengan unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.

Ayo Renungkan. Hal-hal baru apa yang kamu pelajari hari ini? Tuliskan empat hal baru yang menurutmu menarik untuk diceritakan kepada orang tuamu. 

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 27

Buatlah sebuah peta pikiran dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

  1. Dari mana sayur kita dapatkan?
  2. Siapa yang menanam sayur?
  3. Apakah peranan petani bagi kehidupan kita?
  4. Bagaimana cara petani sayur memanfaatkan lingkungan hidup? 

Jawaban:

  1. Kita mendapatkan sayur dari kebun yang menanam sayur dan mereka jual ke pasar.
  2. Yang menanam sayur adalah para petani sayur.
  3. Peran petani bagi kehidupan adalah penyedia makanan pokok bagi kita, mulai dari beras, jagung, ubi, gandum, buah dan sayuran.
  4. Para petani memanfaatkan lingkungan hidup dengan cara menanam sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti ladang, sawah da kebun. Para petani juga sering memanfaatkan bahan organik seperti daun kering dan kotoran hewan untuk dijadikan pupuk.

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 29

Berdasarkan bacaan di atas, identifikasikan:

  • Interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya.
  • Interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
  • Keberagaman yang dapat kamu temukan di dalam cerita yang disajikan. Buatlah dalam sebuah bentuk laporan sederhana.

Jawaban: Format laporan sederhana yang bisa kamu pergunakan adalah:

Judul Laporan : Laporan Pengamatan Bacaan “Mengenal Wortel”Tujuan Laporan : Mengetahui manfaat tanaman wortel

Hasil Pengamatan: Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Salah satu contoh sayuran yang bermanfaat adalah wortel.

Wortel baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi.

Gede Suardana petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan memaparkan bahwa memberikan pupuk organik pada awal masa tanam sangat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman.

Gede mampu memperoleh omzet sebesar 2 juta rupiah per bulan.Ia membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti Tabanan dan bertemu dengan pengepul sayur.

Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor.

Kesimpulan : Wortel merupakan sayuran yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Budidaya tanaman wortel yang baik akan menghasilkan wortel yang bagus dan menambah penghasilan para petani.

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 31

Pada kolom gambar jelaskan:

1. Apakah gambar sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh iklan?

2. Apakah gambar cukup menarik?

3. Apakah gambar cukup jelas ?

Jawaban:

Kalimat Iklan: Iklan A : Sebatang lidi jadi kuat bila menjadi sapu. Sebuah bangsa menjadi kuat bila tetap bersatu.

Mari bersatu untuk maju.

Kata Kunci: Mari bersatu untuk maju

Gambar:

  • Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan, dan diilustrasikan dengan sebuah sapu.
  • Gambar kurang menarik.-
  • Gambar sudah cukup jelas.

Iklan BKedamaian ada ketika kita mau menerima perbedaan. Rayakan perbedaan dengan kebersamaan.Kata Kunci: Menerima perbedaanGambar:- Gambar sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan.- Disitu digambarkan tentang perbedaan yang ada tetapi saling bergandeng tangan menerima perbedaan.- Gambar cukup menarik dan jelas.Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 32Seperti apakah adat istiadat yang kamu miliki? Cari tahu lebih banyak tentang adat istiadat yang dimiliki oleh keluargamu.Jawaban: SekatenUpacara ini biasa diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad.Setiap tahunnya, Sekaten diselenggarakan di Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta dan dihadiri oleh ribuan warga Yogyakarta maupun wisatawan.Tidak heran, tradisi yang satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga mengundang banyak wisatawan untuk menyaksikan secara langsung.Bandingkanlah dengan adat istiadat teman-temanmu yang lain.  Tuliskanlah informasi yang kamu peroleh pada kolom berikut. Deskripsi adat istiadat temankuKunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 33Menurutmu mengapa manusia perlu berinterkasi dengan lingkungannya? Apa yang membedakan lingkungan alam dan lingkungan sosial? Mana yang lebih penting untuk kehidupan manusia, lingkungan alam atau lingkungan sosial? Jelaskan jawabanmu!Disclaimer:- Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.- Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 23 24 25 26 27 29 31 32 33 Buku Tematik SD Makanan Sehat, https://pontianak.tribunnews.com/2020/09/03/kunci-jawaban-tema-3-kelas-5-halaman-23-24-25-26-27-29-31-32-33-buku-tematik-sd-makanan-sehat?page=4.Editor: Rizky Prabowo Rahino

SIMAK JUGA

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 2 4 6 8 9 11 Buku Tematik SD Pembelajaran 1 Makanan Sehat

Setelah Diteliti, Ternyata Seperti Inilah DNA Jenglot. Masih Merinding?